Mengenal Mesin Hammer Mill

Mesin Hammer MillTepung merupakan pertikel yang padat namun tersusun dalam bentuk butiran halus. Tepung terbuat dari berbagi macam bebijian dan umbi-umbian seperti jagung, beras, gandum, singkong dan masih nanyak lagi lainnya. Penggunaan tepung cukup variatif. Bisa untuk aneka kue, roti, panganan bayi dan penggunaan lainnya. Varian tepung dibagi berdasarkan bahan olahnya misalnya tepung terigu adalah jenis tepung yang berasal dari gandum. Tepung Maizena adalah jenis tepung dari biji jangung, tepung kanji adalah jenis tepung yang berasal dari kelompok umbi, yakni singkong. Meskipun bahan olahnya berbeda, namun kesemua jenis tepung ini memiliki bentuk butiran partikel yang halus. Tahukah Anda, bahwa untuk mendapatkan bentuk tersebut, bahan harus diolah memakai mesin  hammer mill?

Hammer Mill Si Multifungsi

Jenis mesin yang satu ini, pada hakekatnya merupakan mesin yang daya kerjanya menghaluskan bahan apapun. Jadi, secara teknis, bukan hanya sebagai penghalus bahan terigu, namun juga bisa digunakan untuk menghaluskan bahan-bahan lain. Mesin hammer mill bisa dijumpai dalam berbagai bentuk tergantung pada produsennya. Namun prinsip kerjanya sama, yakni menghaluskan target.

Bahan-bahan yang bisa dihaluskan oleh mesin hammer mill ini adalah biji-bijian seperti biji jagung, buah pala, singkong, bebijian gandum, batok kelapa serta masih banyak lagi lainnya. Istimewanya, mesin hammer mill ini juga bisa digunakan untuk membuat bubuk kayu, tepung untuk pellet ayam atau pakan ayam, bahkan bisa juga untuk menghaluskan biji batu! Khusus pada fungsi terakhir, hammer mill telah mengalami modifikasi sehingga dayanya kuat untuk memecah bebatuan. Jenis hammer tersebut juga umumnya dikenal dengan nama Hammer Crusher. Selain bebatuan, hammer crusher juga dikenal mampu menghasilkan pasir, serbuk batu jenis kapur, dolomite, sandblasting, serta gelana.

Body Stainless Steel

Para produsen mesin hammer mill kebanyakan memilih bahan stainless steel sehingga mesin tidak mudah berkarat dan tentunya awet. Mesin hammer mill standar memiliki kapasitas 300 kg/jam dan menggunakan tenaga motor listrik 10 HP. Ukuran normalnya sekitar 50x100x120 sentimeter. Untuk mesin hammer mill tipe standar ini dibandrol kurang lebih Rp.15.000.000. Harga ini bisa berkurang di bawah Rp.10.000.000 jika mesin hammer mill yang ingin dibeli hanya berkapasitas produksi 100 kg per jam.

Sementara itu, mesin hummer mill/crusher memiliki daya dan tenaga lebih kuat karena memang sumber penggeraknya berupa bearing elektromotor dengan daya mencapai 20 HP. Kehalusan yang bisa dicapai jenis mesin ini sebesar 80 hingga 100 mesh. Sementara itu jumlah produksi hammer crusher per jam-nya bisa mencapai 5 ton. Hal ini bergantung lagi pada jenis bebatuan yang hendak dihaluskan. Hammer crusher tentu jauh lebih mahal ketimbang hammer mill. Harganya kurang lebih sekitar Rp.20.000.000. Memang akan selalu ada harga untuk sebuah kualitas, iya kan?

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie