Mengenal Pohon Jarak Merah

pohon jarak merahTanaman jarak merah atau yang biasa disebut dengan Jatropha Gossypilofia Linn ini merupakan tanaman etobotani yang sering dimanfaatkan untuk obat tradisional sejak jaman dulu kala. Tanaman ini dikenalkan sejak jaman penjajahan jepang. Masyarakat Indonesia diharuskan menanam pohon jarak untuk pagar pekarangan rumah dan minyak biji jaraknya digunakan sebagai bahan bakar minyak (BBM). Tanaman ini umumnya tumbuh liar di semak-semak atau lapangan rerumputan, di tepi jalan dan bisa juga pada lahan yang langsung terkena sinar matahari di daerah dataran rendah. Pohon jarak merah ini berasal dari Amerika Selatan. Klasifikasi tanaman ini yaitu :

 

Kingdom                       : plantae (tumbuhan)

Subkingdom                : tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi                : spermatophyte (menghasilkan biji)

Divisi                            : magnoliophyta ( tumbuhan berbunga)

Kelas                            : magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas                    : rosidae

Ordo                             : euphorbiales

Family                         : euphorbiaceae

Genus                           : Jatropha

Spesies                         : Jatropha Gossypifolia Linn

 

 

Pohon jarak merah ini perdu tahunan, tumbuh tegak, tinggi 1-2 m, dengan rambut kelenjar yang kebanyakan brbentuk bintang yang bercabang, getahnya bersabun. Batang berkayu, bulat, warnanya coklat, batang bercabang. Daun tunggal, panjang bertangkai,helaian daun bulat telur sunsang sampai bulat, berbagi 3-5, tajunya runcing, panjang 6-23 cm, lebar 7-20, daun muda berwarna keunguan dan daun tuanya berwarna ungu kecoklatan.

Pohon jarak merah ini mempunyai bunga majemuk dalam malai rata bertangkai, berbentuk corong, kecil, warnanya keunguan, keluar dari ujung batang. Dalam satu pohon terdapat bunga yang lengkap yakni bunga jantan dan bunga betina. Bunga berkendanga tiga, bulat telur, sedikit berlekuk tiga dengan 6 alur memanjang. Warnanya hijau, bila masak menjadi hitam. Bijinya bulat, coklat kehitaman. Bijinya mengandung minyak. Bila diperas, minyak tersebut dapat digunakan untuk lampu.Tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai penyakit, antara lain sebagai obat sakit gigi, pendarahan pada gusi, obat penurun panas, demam, perut kembung, masuk angin, menghilangkan rasa nyeri, sembelit, diare atau mencret dan obat pencahar. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat luka bengkak pada tubuh, yakni dengan cara menyiapkan beberapa helai daun jarak merah secukupnya, lebih bagus lagi apabila daun jarak dalam keadaan bersih, lalu dikukus matang kemudian dibungkus dan dibalutkan atau ditempelkan pada bagian yang bengkak. Pemanfaatan selanjutnya dapat digunakan untuk obat penyakit hernia, caranya ambil daun jarak 10 helai, lalu cuci sampai bersih dan campurkan dengan sedikit garam lalu dilumatkan setelah daun jarak dan garam itu halus atau lembut. Barulah dapat ditempelkan di bagian tengah telapak tangan dan telapak kaki. Usahakan pengobatan ini dilakukan secara teratur minimal sehari 1x dan selama 2 bulan kedepan.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie