Mengenal Tanaman Talas

Tanaman Talas

Img Source : sepanjangjk.wordpress.com

Tanaman talas merupakan salah satu tanaman rimpang yang sangat terkenal. Sebagai family umbi-umbian, di balik rimpangnya yang berbentuk menggembung dan meruncing, ternyata talas ini bermanfaat sebagai berbagai jenis makanan. Talas yang gampang dikenal bisa divariasikan jadi berbagai olahan makanan sebab mempunyai rasa yang sangat khas. Sekarang ini, talas tumbuh di hampir semua negara seperti halnya India Barat, Afrika Utara dan Barat. Bahkan hampir di seluruh penjuru Asia juga.

Di Indonesia sendiri, tanaman yang satu ini dapat ditemui paling banyak di Malang, Bogor, dan juga Bali. Talas telah banyak dikenal oleh masyarakat luas sebab rasanya yang enak dan mudah diolah baik itu digoreng ataupun diolah menjadi kripik yang sedang menjadi tren sekarang ini. Talas termasuk salah satu tumbuhan tegak yang mempunyai akar liar, dangkal dan berserabut. Batangnya disimpan di dalam tanah pejal, memiliki bentuk membulat dan biasanya berwarna cokelat tua serta dilengkapi oleh kuncup ketiak yang ada di atas lampang daun yang menjadi tempat munculnya umbu baru. Daunnya memerisai dengan tangkai yang besar dan panjang.

Cara Mengolah Talas

Sebelum kita mengolah tanaman talas untuk kita jadikan sebagai makanan ataupun cemilan, yang pertama kali mesti kita perhatikan yaitu mengurangi kadar kalsium oksalat yang ada di tanaman talas ini. Sebab bila kita salah untuk mengolahnya bukanlah makanan lezat yang kita dapatkan, akan tetapi justru sebuah penderitaan yang kita alami. Kalsium oksalat ini berasal dari persenyawaan garam yaitu antara ion oksalat dan ion kalsium. Ion itu begitu berkhasiat bagi proses metabolisme serta sebagai pertahanan internal untuk talas itu sendiri.

Akan tetapi bagi manusia, ion itu dapat menyebabkan munculnya rasa gatal serta iritasi di kulit ataupun tenggorokan kita. Untuk menghindari hal tersebut kita dapat merendam dahulu talas menggunakan larutan garam. Proses perendaman itu dapat dilakukan kurang lebih selama 5 menit, lalu kita cuci hingga bersih dan talas pun siap kita olah jadi berbagai macam makanan yang lezat.

Khasiat Talas

Tanaman talas serta helaian daunnya jika dimasak terlebih dahulu bisa kita konsumsi. Bubur talas bisa membantu untuk melancarkan proses pencernaan sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan bayi dengan tingkat alergi yang rendah. Sekarang ini talas adalah salah satu makanan pokok di beberapa pulau termasuk juga Papua yang notabene memiliki pengaruh secara ekonomu kepada upacara adat serta permainan tradisional.

Di Asia Tenggara, tanaman talas ini dikonsumsi oleh manusia namun juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai festival keagamaan, makanan ternak babi, serta sebagai obat-obatan. Di pulau Jawa, permen bisa dibuat dari umbi talas yang memiliki aroma semerbak sebab dicampur menggunakan gula serta kelapa. Daunnya pun bisa dipakai guna membungkus makanan buntil.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie