Mengurai Sumber Energi Listrik Statis

Listrik merupakan salah satu energi yang pengaruhnya cukup signifikan dalam kehidupan manusia. Tanpa listrik, mustahil Anda bisa menggunakan semua alat-alat yang energinya bersumber pada listrik. Dengan demikian, tidak salah jika dikatakan bahwa salah satu penggerak modernitas dalam kehidupan manusia adalah energi listrik. Apa sebenarnya listrik tersebut? Secara sederhana, listrik diartikan sebuah gejala dimana partikel subatomik yang  mengendung atas elektron dan proton dan menyebabkan adanya interaksi gaya di antara partikel tersebut. Defenisi ini mungkun sulit dipahami orang awam. Karena dalah keseharian kita, listrik boleh jadi diartikan sebagai sumber energi yang didistribusikan melaui kabel. Kedua defenisi tersebut benar adanya. Defenisi pertama berkenaan dengan listrik statis sementara defenisi yang kedua terkait dengan listrik dinamis. Memang, listrik dibagi atas dua kelompok besar yakni listrik statis dan listrik dinamis.  Kedua listrik ini lazim kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari kita. Hanya saja, jika sumber energi listrik dinamis sangat jelas (bisa minyak, nuklir, biogas dan lain-lain), maka sumber energi listrik statis masih belum banyak dipahami orang. Hal ini wajar sebab listrik statis memang cenderung dikategorikan listrik yang terlampau sederhana sehingga tidak bisa digunakan sebagai energi listrik untuk menunjang kehidupan sehari-hari kita.

Sebelum mengurai sumber energi listrik statis, kita terlebih dahulu harus memahami pengertiannya. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan listrik statis? Jawaban yang paling sederhana adalah sebuah fenomena kelistrikan dimana terdapat interaksi muatan listrik yang statis dan tidak bergerak serta cenderung singkat. Listrik statis ini mencakup interaksi di antara muatan dan sebagai akibat interaksi tersebut muncullah gejala saling tarik menarik.

Sifat listrik statis ini bisa kita lihat dari sejumlah percobaan sederhana. Misalnya saja Anda secara kontinyu dan dalam beberapa waktu menggosok-gosok penggaris ke kepala Anda. Saat Anda berhenti, apa yang terjadi? Muatan listrik yang ada di penggaris akan menarik sejumlah helai rambut Anda. Mengapa demikian? Darimana sumber energi listrik statis tersebut diperoleh sehingga ia bisa menggerakkan rambut menempel pada penggaris? Jawabannya adalah atom.

Partikel benda tersusun atas sejumlah atom. Dan setiap atom tersebut terdapat inti atom yang di dalamnya terdapat elektron dan juga proton. Elektron sendiri tidak memiliki muatan atau netral (bersifat negatif) dan proton bersifat positif atau mengandung muatan. Nah, saat kita menggosok penggaris pada rambut, maka terjadi perpindahan sejumlah elektron yang ada di rambut ke penggaris tadi. Sebagai hasil akhirnya, jumlah muatan elektron yang ada pada penggaris tadi akan bertambah. Selanjutnya, penggaris akan memiliki muatan negatif yang berlebih sehingga akan menimbulkan fenomena kelistrikan dengan menempelnya rambut ke penggaris.

Dari percobaan sederhana tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa sumber energi listrik statis tidak berasal dari luar tetapi dari dalam benda-benda atau partikel terkait. Sementara itu  fenomena kelistrikan yang terjadi disebabkan oleh selisih jumlah proton dan elektron kedua partikel sehingga membuat salah satu partikel menempel. Secara teoritis, memang dipahami bahwa apabila dua benda dengan muatan didekatkan maka akan terjadi dua kemungkinna yakni jika muatannya sama (+) dan (+) atau (-) dan (-) maka akan terjadi penolakan. Sementara itu, jika muatannya (+) dan (-) maka akan saling tarik menarik. Untuk menghitung berapa energi di antara partikel ini maka para ahli akan menghitungnya berdasarkan Hukum Coulumb yang berbunyi: besar gaya tolak-menolak ataugaya tarik-menarik antara dua benda bermuatan listrik, berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan listrik dan berbanding terbalik dengan kuadrat  jarak antara kedua benda bermuatan.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie