Menyimpan dan Merawat Peralatan Fotografi

Setiap barang yang kita butuhkan pasti akan kita simpan baik – baik dan kita rawat sebagaimana kita membutuhkan kontribusi dari barang tersebut. Perawatan dan penyimpanan yang baik pada suatu barang akan membuat barang tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama. Hal serupa juga dibutuhkan untuk menyimpan dan merawat peralatan fotografi. Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan merawat peralatan fotografi, antara lain:

1.       Dry Box

Dry box merupakan sebuah lemari yang memiliki sifat anti lembab yang biasa digunakan untuk menyimpan alat – alat fotografi yang sering terkena serangan jamur, seperti yang terjadi pada lensa kamera. Lemari yang dilengkapi dengan lampu berukuran 2,5 watt ini mampu menjaga suhu agar tetap dalam kondisi yang hangat. Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi timbulnya kelembaban pada lemari. Sementara suhu pada lemari juga harus berada pada 20 derajat.

2.       Waterproof Bag

Kita sering melihat seorang fotografer membawa tas anti air ketika melakukan pemotretan terhadap suatu objek pada musim hujan. Alat tersebutlah yang bernama waterproof bag. Alat tersebut digunakan untuk menyimpan kamera dari pengaruh air hujan saat hunting foto.

3.       Blower Brush

blower brush

Alat tersebut berfungsi untuk mengeluarkan udara pada saat kita membersihkan lensa kamera dari debu.

4.       Tisu Lensa

Tisu tersebut berfungsi untuk membersihkan kotoran pada lensa. Tisu ini didesain khusus untuk lensa kamera kita.

5.       Silica Gel

Merupakan zat yang digunakan untuk mengantisipasi kelembaban pada kamera. Dengan menggunakan silica gel, kamera kita akan terlindungi dari jamur yang disebabkan oleh kelembaban yang muncul.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie