Mesin Pemecah Kemiri

Kemiri atau yang biasa dikenal dengan nama latin Aleurites Moluccana merupakan tanaman dimana bijinya banyak digunakan sebagai bahan minyak serta rempah. Kemiri masih “bersepupu” dengan singkong. Nama lain kemiri adalah Indian walnut, candlenut, dan candleberry. Bagian paling bermanfaat dari kemiri adalah sang biji sebab isi biji kemiri sangat bermanfaat. Kandungan minyaknya sampai 66%. Inti biji kemiri dilindungi oleh cangkang yag keras dengan tertekstur yang cenderung kasar. Untuk membukanya, petani harus menggunakan mesin pemecah kemiri. Mesin ini cukup efektif dan mudah digunakan.

Mesin Pemecah Kemiri

Meningkatnya permintaan kemiri dari Negara lain membuat petani di Indonesia semakin giat menjadikan kemiri sebagai tanaman utama. Dahulu pengolahan biji kemiri hanya didasarkan pada teknologi sederhana yang bersifat rumahan. Namun dewasa ini, para petani mulai beralih menggunakan alat pemecah kemiri. Alat ini cukup membantu sebab cukup membantu perbaikan penanganan pasca panen, menekan ongkos produksi serta menghemat waktu dan tentu tenaga.

Industri dengan bahan dasar kemiri, memang selama ini diketahui mengkhendaki kulit kemiri telah terpisah dari kernel (isi kemiri) agar memudahkan dan tidak mengganggu proses produksi mereka. Dengan adanya ketentuan tak tertulis tersebut, beban untuk memisahkan kulit dan kernel sepenuhnya menjadi tanggung jawab para petani. Memecahkan kemiri dengan cara manual cukup menyita waktu. dan hasil produksi juga tak bisa optimal. Namun dengan menggunkan mesin pemecah kemiri, petani sudah bisa melakukan 3 hal sekaligus yakni mengupas kulit kemiri yang keras, memisahkan antara biji kulit luar dari biji kupas serta tentunya meningkatkan kapasitas produksi. Perlu dicatat, sebelum melakukan proses pemecahan, kemiri harus dijemur  terlebih dahulu agar biji kernel dan kulit terpisah secara benar.

Jenis Mesin Pemecah Kemiri

Mesin yang sangat bermanfaat bagi petani ini memiliki banyak jenis yang didasarkan pada kemampuannya. Produsen mesin ini merancang berdasarkan kapasitas energi serta jumlah kemiri yang bisa diolah.  Ada mesin pemecah kemiri yang mempunyai kapasitas 50 sampai 100 kilogram per jam. Ada pula yang berbasis sitem roll yang memungkinkan petani mengatur jarak kerapatan rol. Jenis mesin pemecah kemiri lainnya juga tersedia dengan kapsitas 100 hingga 150 kilogram per jam. Mesin tipe ini menggunakan energi listrik 370 watt. Badan mesin terbuat dari rangka stainless stell sehingga jaminan mutu dan awet lebih lama.

Selain kapasitas tersebut, terdapat juga varian mesin pemecah kemiri yang bisa mengolah kemiri sampai 500 kilogram per jam. Ukuran mesinnya cukup besar sampai 155x72x45 sentimeter. Energi yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin ini sekitar 750 watt hingga 1100 watt. Badan mesin juga semuanya berbahan stainless steel sehingga awet dan berkualitas.

Share This Post

Recent Articles

One Response to “Mesin Pemecah Kemiri”

  1. Yono says:

    Gan,

    terima kasih infonya. Dimana bisa membeli mesin pemecah kemiri tsb? Mohon infonya. TIA.

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie