Mewaspadai Kesehatan Anak

kartun anak sakit

Kesehatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang baik pada bayi, anak, serta orang dewasa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keadaan ini tergantung pada situasi serta kondisi yang pernah dan sedang di alami pada keadaan tubuh anda. Menjaga kondisi anak merupakan hal yang harus di perhatikan oleh semua orang tua apalagi pada saat pergantian musim atau musim pancaroba yang seringkali ditandai dengan munculnya berbagai penyakit pada banyak orang. Saat musim berganti, tubuh harus bekerja ekstra untuk melakukan penyesuaian bergantinya cuaca dari hawa panas ke hawa dingin dan sebaliknya. Umumnya pada saat pergantian musim yang di awali oleh hujan yang tidak merata yang seringkali menyebabkan kawasan yang banyak menimbulkan debu dan udara yang menyengat.

Banyak jalan serta cara untuk selalu menjaga kesehatan anak dan diri kita, diantaranya:

1. cek kesehatan ke dokter secara berkala (termasuk kesehatan gigi)

2. mengkonsumsi makanan yang bergizi

3. mengatur agar istirahatnya cukup dan menghindari stress.

4. mengajak dan mengenalkan pola hidup berolahraga

5. bila perlu menambahkan vitamin atau suplemen

Namun pada saat cuaca hujan dan panas datang silih berganti secara tidak beraturan, maka seringkali  akan membawa debu, kotoran, dan bibit penyakit yang masih ada dengan mudah akan beterbangan dan dapat menimbulkan penyakit terutama pada anak-anak, sebab sistem kekebalan tubuh pada anak belum terbentuk secara sempurna. Oleh karena itu, setiap orang tua harus selalu waspada dengan kondisi anak-anaknya, jangan sampai lengah dan mengabaikan kondisi anak.

Penyakit yang sering mengganggu kesehatan anak adalah demam, penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan, dan penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Demam merupakan gejala penyakit yang sering terjadi pada anak. Kondisi ini bisa merupakan keadaan tubuh anak yang sedang melakukan pertahanan diri terhadap masuknya penyakit ke dalam tubuh, namun bisa juga merupakan gejala penyakit yang lebih serius, oleh karena itu, saat anak demam sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie