Pengertian Kabel Coaxial

Advertisements


Pengertian Kabel CoaxialSecara harfiah, pengertian kabel coaxial adalah mempergunakan jaringan atau mempunyai sumbu yang sama. Sedangkan pengertian kabel coaxial secara utuh adalah sejenis kabel dari tembaga yang diselimuti dengan beberapa pelindung. Pelindung ini terdiri dari pelindung luar, pelindung anyaman tembaga serta isolator plasting. Masing-masing pelindung ini memiliki fungsi tersendiri.

Transmitter Yang Baik

Dalam dunia teknologi, pengertian kabel coaxial selalu dihubungkan dengan fungsinya yakni sebagai median penghantar atau penyalur. Objek yang dihantarkan adalah informasi yang masih dalam bentuk sinyal-sinyal listrik. Jika Anda sering berfikir dari mana datangnya siara TV di rumah Anda, maka jawabannya adalah kabel coaxial. Jenis kabel ini dilengkapi dengan kemampuan yang baik dalam menghantarkan frekuensi yang lebar sehingga mampu  mengalih-antarkan sekelompok kanal-kanal frekuensi yang terlihat sebagai tayangan audio visual di layar TV Anda. Ajaib!

Jenis kabel ini memiliki keunggulan dibandingkan jenis kabel lainnya terutama dalam hal fungsi sebagai transmiter. Kabel Coaxial atau dalam bahasa Indonesia disebut kabel koaksial, mulai dikembangkan pada tahun 1920. Kabel ini secara umum memiliki struktur sebagai berikut :

  • Konduktor Utama. Bagian ini terbuat dari tembaga yang padat tanpa cacat dan berbetuk silinder.
  • Isolator, yakni isolasi kabel yang dibuat dari bahan sejenis polietilena homogen yang dipasang melingkari konduktor utama.
  • Penggantung. Bagian ini terdiri dari tujuh buah lilitan kawat dari bahan baja. Ukurannya sekitar 2 mm dengan daya kuat sebesar 3.010 Kgf.
  • Pembungkus bagian luar yang juga terbuat dari polietilena. Pembungkus ini dicampur dengan karbon hitam dengan kadar sekitar 2 %.

Kelebihan & Kekurangan

Layaknya suatu objek, kabel koaksial juga memiliki kelebihan pun kekurangan. Kelebihannya, seperti telah disinggung sebelumnya, sangat baik sebagai transmitter. Kemampuannya jauh lebih prima jika dibandingkan dengan kawat biasa. Kabel koaksial juga cenderung tahan terhadap arus yang semakin mengecil pada frekuensi yang justru meninggi.  Hal ini yang menjadikan kabel coaxial semakin populer dalam hal penggunaan. Meski demikian, nyatanya kabel coaxial juga memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya adalah biaya perawatan serta pengadaan yang jauh lebih mahal dibandingkan jenis kabel lainnya. Selain itu, optimalisasi fungsi kabel koaksial ikut dipengaruhi oleh kondisi temperatur. Namun hal ini telah diatasi dengan menggunakan sistem penanaman kabel bawah tanah. Tetapi, kembali lagi, sistem ini memerlukan biaya perawatan serta pengadaan yang besar.

Mencermati pengertian kabel coaxial yang disebutkan sebelumnya, kita sudah bisa menebak betapa berpengaruhnya benda tersebut terhadap arus informasi di dunia ini. Dalam jangka seper sekian detik, kita sudah bisa memantau kejadian yang berlangsung di bagian dunia lain. Keajaiban yang diperkenalkan coaxial menandai lahirnya era modern, yakni industri media elektronik.

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close