Pengertian Mesin Frais

Advertisements


Pengertian Mesin Frais

Img Source : Mechanicalprovider.blogspot.com

Mesin Frais atau bisa juga dikenal dengan nama Mesin Milling merupakan  peralatan yang tujuan penggunaannya menghasilkan satu ataupun lebih permukaan benda dengan menggunakan satu ataupun lebih alat pemotong. Kata memfrais mengacu pada pengerjaan logam dengan menggunakan mesin pemotong yang berputar. Mesin ini dilengkapi dengan sejumlah pemotong khusus. Mesin Frais pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Eli Whitney di tahun 1818. Berdasarkan pengertian mesin frais, kita bisa berasumsi awal bahwa mesin ini pasti banyak digunakan dalam sebuah bengkel kerja.

Bagian Utama Mesin Frais

Mesin Frais memiliki bagian-bagian utama sebagai berikut :

  • Spindel utama yang merupakan bagian paling penting dari mesin frais. Bagian ini merupakan tempat mencekam alat poting. Spindel utama ini dibagi lagi ke dalam tiga jenis yakni : Universal spindle, vertical spindle, dan horizontal spindle.
  • Table atau Bagian Meja. Area ini merupakan titik untuk menempatkan clamping device (benda kerja). Meja ini dibagi juga ke dalam tiga bagian yaitu, swivel table, fixed table, dan compound table,
  • Motor Drive, Bagian ini memiliki fungsi utama untuk menggerakkan bagian-bagian dari mesin yang lain seperti meja, spindle, cooler dan lain-lain. Mesin frais memiliki setidaknya tiga jenis motor yakni motor pendingin atau cooling, motor gerakan pemanakan atau feeding serta motor spindle utama.
  • Transmisi. Adalah bagian dari mesin yang fungsinya menghubungkan motor penggerak. Terdapat dua macam tranmisi yakni transmisi spindle utama serta tansmisi feeding.
  • Knee. Yakni bagian mesin yang fungsinya sebagai penopang.
  • Tiang. Adalah badan mesin dimana bagian-bagian lain menempel dan menjadi satu kesatuan mesin.
  • Base atau dasar mesin. Yaitu bagian paling dasar mesin frais sebagai penopang badan dan tempat cairan pendingin.
  • Control. Merupakan bagian pengaturan mesin yang terdiri dari kontrol mekanik dan control elektrik.

Varian Mesin Frais

Pada hakekatnya mesin frais dibagi ke dalam berbagai varian antara lain :

  • Mesin Frais tangan, yakni mesin dengan spesifikasi paling sederhana dan masih dioperasikan dengan tanga. Konstruksi tiang dan lututnya dipasangkan pada landasan yang tetap.
  • Mesin Frais Datar, yakni mesin frais yang bentuknya mirip dengan mesin tangan. Hanya saja,konstruksinya jauh lebih kuat dan juga dilengkapi dengan prinsip hantaran daya dengan fungsi mengembalikan gerakan meja.
  • Mesin Frais Universal/Horizontal, adalah sebuah mesin dengan konstruksi kerja yang super detail. tampilannya sama seperti mesin frais datar namun meja kerjanya sudah dilengkapi dengan gerakan keempat yang menjadikan meja bisa berputar secara horizontal.
  • Mesin Frais Vertical, adalah jenis mesin frais yang memiliki gerakan sama seperti jenis meja datar. Hanya saja, bagian kepala spindle dapat berputar dan memungkinkan penyetelan spindle vertical pada setiap sudut mulai dari bertical sampai horizontal.
  • Mesin Frais Penyerut. Adalah jenis mesin serupa penyrut yang bekerja di bawah meja panjang dan dilengkapi dengan gerakan longitudinal.
  • Mesin Frais Jenis Bangu Tetap, adalah tipikal mesin frais yang dilengkapi dengan bangku kasar berupa benda cor yang kaku sehingga berat. Penyangga mesin ini berupa sebuah meja yang juga hanya memiliki gerak longitudinal.

Advertisements


Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close