Lebih Jauh Tentang Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab Gagal GinjalGinjal merupakan organ unik yang bentuknya menyerupai kacang kulit. Ginjal sendiri memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran yang berasal dari darah. Pembuangan kotoran tersebut dikeluarkan dalam bentuk urin. Dalam kondisi tertentu, organ ginjal bisa mengalami kemunduran secara drastis yang berimbas pada fungsi filtratornya yang ikut menurun. Keadaan inilah yang lazim dinamakan dengan gagal ginjal. Penyebab gagal ginjal cukup bervariasi. Mulai dari penyakit berat hingga konsumsi alkohol dan bahkan rokok.

Penyakit Berat Dan Gagal Ginjal

Sederet penyakit yang tergolong berat bisa menjadi pemicu terjadinya gagal ginjal. Misalnya saja hipertensi atau tekanan darah yang cenderung tinggi. Oleh karena fungsi paling utama ginjal adalah menyaring kotoran dalam darah, maka jika terjadi peningkatan tekanan pada darah akan berimbas pada semakin beratnya kinerja ginjal. Jika berlangsung dalam kurun yang lama, ginjal bisa saja mengalami kegagalan. Penyakit lain yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal adalah diabetes melitus. Sebab apabila kadar gula dalam darah terlalu tinggi akan meningkatkan faktor menurunnya kinerja ginjal.

Nikotin Berbahaya Bagi Ginjal Anda!

Seorang pecandu rokok tak hanya akan menghadiahi dirinya dengan kangker paru-paru saja tetapi juga bisa melebar pada rusaknya organ lain termasuk ginjal di dalamnya. Kandungan nikotin dalam rokok memang sudah lama dikenal sebagai zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, Tetapi karena akibatnya tidak mucul sekaligus, maka banyak orang-orang yang cenderung mengabaikan bahaya tersebut. Penyebab lain yang merupakan biang kerusakan ginjal adalah sel penyaringan yang telah terinfeksi. Dengan begitu, ginjal tak akan lagi bisa berperan sebagai penyaring kotoran darah secara optimal.

Pre Renal, Renal dan Post Renal

Ada beberapa peneliti yang mengkategorikan penyebab gagal ginjal ke dalam tiga kategori utama, antara lain :

  • Penyebab Pre Renal yang ditandai dengan adanya gangguan aliran darah ke ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal kekurangan suplai darah sehingga berakibat pada kerusakan seperti tersumbatnya aliran darah, berkurangnya volume darah serta yang paling parah adalah berkurangnya daya pompa yang dimiliki oleh jantung.
  • Penyebab Renal merupakan gejala dimana terjadi gangguan serta kerusakan yang memang berasal dari organ ginjal itu sendiri. Hal ini biasanya dipicu oleh penyakit berat (seperti telah disebutkan sebelumnya) antara lain penyakit kekebalan tubuh, terjadinya peradangan, adanya gangguan aliran darah, diabetes mellitus serta hipertensi.
  • Post Renal yakni terhambatnya urin keluar sebab terjadi kebuntuan pada saluran urin. Hal ini diperparah oleh berbalik arahnya urin ke dalam ginjal dan menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal. Hal ini lazim terjadi apabila saluran urin tertekuk dan juga kehadiran batu ginjal dalam saluran urin.

Penyakit ginjal cukup berbahaya. Langkah taktis yang Anda bisa lakukan adalah dengan menghindari penyebab gagal ginjal itu sendiri. Berolahraga secara teratur serta memperhatikan konsumsi air adalah langkah sederhana memelihara ginjal agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie