Penyebab Kebakaran Hutan

Penyebab Kebakaran HutanBumi yang sehat bernafas melalui hutan. Saat jumlah persebaran pohon berkurang, bumi kekurangan paru-paru untuk dirinya. Sama seperti manusia yang mengalami krisis paru-paru, bumi juga akan mengalami fase sakit dimana efek negatifnya paling banyak dirasakan oleh mahluk hidup lainnya termasuk manusia. Hutan sebenarnya adalah rumah bagi semua mahluk hidup. Hal ini yang tidak lagi disadari oleh manusia sehingga keberadaan hutan hanya dilihat sebagai sumber ekonomi dan semacamnya. Tingginya angka kerusakan pada hutan, terutama di Indonesia, dipicu beberapa hal yang bersifat alamiah maupun tidak. Hal tersebut, di dalamnya termasuk pembakaran hutan. Penyebab kebakaran hutan bisa berupa faktor alam ataupun kesengajaan dan kelalaian manusia.

Pembakaran Hutan Oleh Alam

Kebakaran terhadap hutan bisa disebabkan oleh alam. Jenis kebakaran ini lazim juga dinamai kebakaran liar. Sambaran petir pada hutan yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang bisa memicu terjadinya kebakaran hutan yang meluas. Selain sambaran petir, aktifitas alam lain yang bisa memicu kebakaran adalah gejala vulkanik dimana gunung yang aktif mengluarkan lelehan lahar serta awan panas yang menyebabkan pepohona di sekitarnya terbakar. Hal lain yang bisa menyebabkan kebakaran adalah Ground Fire, yakni kebakaran di bawah tanah di daerah dengan tipikal tanah gambut. Kebakaran ini dimulai dari dalam kemudian berpotensi meluas sampai ke permukaan tanah.

Manusia Pembunuh Hutan

Pada faktanya, selama ini penyebab kebakaran hutan jauh lebih banyak didominasi oleh kesengajaan maupun kelalaian manusia ketimbang faktor alamiah. Sebut saja pembukaan lahan pertanian dengan cara  membakar pepohonan. Hal ini jika tidak ditangani dengan serius, akan memicu kebakaran dalam luas area yang jauh dari ukuran peruntukan lahan. Sebab lain adalah kelalaian mematikan puntung rokok  terutama saat berada di kawasan hutan. Meski kelalaian ini termasuk sederhana, namun efek luar biasa bisa ditimbulkan terlebih jika kemarau sedang melanda. Kelalaian lain yang biasa terjadi adalah lupa mematikan api pada saat selesai berkemah dan semacamnya.

Akibat Pembakaran Hutan

Berbicara mengenai penyebab kebakaran hutan tak akan lengkap tanpa merinci akibat yang ditimbulkannya. Berikut beberapa akibat yang timbul :

  • kebakaran hutan menyumbang emisi gas karbon dioksida ke lapisan atmosfir bumi dan berperan pada penipizan ozon sebagai pelindung bumi dari radiasi sinar matahari.
  • Hilangnya ekosisitem yang ada di dalam hutan. Hutan dikenal sebagai rumah ramah bagi semua satwa. Kebakaran hutan selain memusnahkan habitat mereka, juga berpotensi memusnahkan hewan-hewan tersebut.
  • Hutan berfungsi sebagai “tabungan air”. Akarnya bersifat menyerap air sehingga banjir bisa diatasi. Dengan musnahnya pepohonan, banjir tentu akan lebih sering berkunjuung. Dan biasanya banjir tak datang sendiri, ia membawa longsor ikut serta dalam kunjungannya. Fungsi lain akar memang untuk mengikat tanah. Saat pohon musnah, bencana mulai mengintai.
  • Hilangnya sumber bahan baku indistri perkayuan.
  • Menyebabkan udara tercemar dan meningkatkan kerentanan terserang penyakit ISPA
  • Merubah iklim di dunia dan lain-lain.

Hutan merupakan kawasan pelindung bumi. Kehadirannya tak boleh hanya dipandang dari kacamata ekonomi semata. Sebab hutan pada hakekatnya memiliki unsur yang lebih penting. Penyebab kebakaran hutan sebenarnya bisa dilawan dengan sedikit niat dan kesungguhan manusia. Membangun kesadaran untuk menanam pohon satu orang satu pohon juga merupakan gerakan rintisan yang cukup baik untuk menghalau hilangnya hutan dari bumi tercinta.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie