Petunjuk Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

investasi reksa dana untuk pemulaReksa dana (mutual fund) merupakan selembar kertas yang menerangkan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah uang kepada pengelola, untuk digunakan sebagai modal investasi di pasar modal, contohnya saham, deposito, obligasi, dan lain-lain. Hal yang perlu diperhatikan mengenai investasi reksa dana untuk pemula adalah kita tidak dapat melakukannya sendiri. Perlu adanya seorang pengelola yang menggerakkan modal investasi yang telah kita tanam, pengelola ini disebut dengan manajer investasi. Selanjutnya, manajer investasi akan menjual sertifikat (reksa dana) kepada investor. Logikanya, peran manajer investasi disini sama seperti broker yang mengelola dana yang ingin diinvestasikan.

Uang hasil penjualan sertifikat itulah yang kemudian digunakan untuk berinvestasi. Jadi, membeli reksa dana bisa dikatakan sama halnya seperti kita menabung. Bedanya adalah kalau menabung kita tidak dapat menjual buku tabungan yang kita miliki, sedangkan di reksa dana kita bisa melakukan hal itu. Dengan berinvestasi di reksa dana sebenarnya kita turut serta menurunkan angka inflasi per tahunnya akibat penurunan nilai mata uang. Selain itu, investasi reksa dana adalah salah satu bentuk investasi yang tidak membutuhkan banyak modal (uang), namun keuntungan yang dapat diperoleh cukup tinggi.

Berikut beberapa langkah investasi reksa dana untuk pemula yang harus diperhatikan sebelum melakukan investasi:

1. Tentukan tujuan dan batas waktu investasi

Secara umum reksa dana terdiri dari empat macam, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Masing-masing dari jenis reksa dana ini memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita menentukan tujuan dari investasi, apakah digunakan untuk dana pensiun, biaya kuliah anak, dana kesehatan, atau tujuan lainnya. Selain itu, tentukan juga batas waktunya, apakah jangka pendek atau jangka panjang.

2. Bandingkan tiap jenis reksa dana

Hal ini penting untuk mendapatkan keuntungan besar nantinya. Dalam memilih reksa dana terbaik ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Pertama, bagi investasi reksa dana untuk pemula sebaiknya memilih reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, dan saham, yang lebih aman. Kedua, pilihlah manajer investasi dengan prestasi yang telah terbukti yaitu dengan melihat track record-nya.

3. Memilih manajer investasi terbaik

Kemampuan dari suatu reksa dana sangat tergantung dari pengelolanya, dalam hal ini adalah manajer investasi. Oleh karena itu, pilihlah manajer investasi dengan reputasi baik berdasarkan pengalaman kerja, kinerja atau performa selama mengelola investasi, besarnya aset investasi yang pernah ditangani, jumlah nasabah, dan pelayanannya kepada para nasabah.

4. Kemudahan transaksi

Hal lainnya dari investasi reksa dana untuk pemula yang harus diperhatikan, yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi. Semakin mudah dalam melakukan transaksi akan semakin menghemat waktu, sehingga kita tidak terlalu lama dan berlarut-larut mengurusi masalah transaksi. Oleh karena itu, pilihlah bentuk transaksi yang mudah dilakukan, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), phone banking, dan internet banking.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie