Sayangi Jantung Anda – 5 Tips Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung tergolong  penyakit pembunuh manusia nomor wahid di dunia. Penyakit jantung terutama disebabkan akibat kurangnya jumlah darah yang mengirim suplai oksigen ke jantung. Beberapa macam penyebab atau gejala dari penyakit jantung kadang bisa datang dengan begitu mendadak. Salah satu gejala tersebut di antaranya seperti sering merasa pusing, tubuh berkeringat dingin, serta merasa sesak nafas. Meski sudah pernah merasakan gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan, masih banyak masyarakat umum yang menganggap enteng hal tersebut. Berikut ini ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat dijadikan referensi agar seseorang tidak terkena penyakit jantung.

tips menjaga kesehatan jantung
1. Relaksasi – Tips yang pertama adalah melakukan Relaksasi. Jika secara teratur melakukan relaksasi, hal ini sangat baik bagi mereka yang sudah terkena penyakit  jantung atau bagi mereka yang belum terkena dan ingin mencegah. Karena jika jantung dan bekerja dengan baik dan teratur maka kondisi jantung akan semakin stabil dan membaik. Hal yang harus diingat adalah hindari sebisa mungkin pemicu stres dan sifat pemarah, sebaliknya kembangkan sifat optimise, berpikir positif, berusaha tenang dalam menghadapi masalah.

2. Rajin olahraga – Melakukan olahraga secara teratur adalah hal yang sangat baik. Dengan olah raga teratur, detak jantung akan lebih teratur dan kesehatan jantung pun dapat terjaga. Untuk mereka yang sudah pernah terkena penyakit atau usia lanjut hindari olahraga berat namun masih tetap berolahraga ringan misalkan berjalan, senam atau berenang.

3. Menjaga dan mengatur pola makan – Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak serta kolestrol tinggi harus dihindari terutama oleh mereka yang pernah mengalami serangan penyakit jantung. Sebaliknya konsumsi makanan yang menyehatkan jantung seperti ikan, sayur dan buah-buahan. Anda dapat juga menambahkan minyak ikan.

4. Menghindari atau kurangi makanan instan – Makanan instan atau makanan siap saji, banyak mengandung lemak, garam, dan bahan pengawet.

5. Berhenti merokok dan hindari minuman alkohol – Rokok adalah racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan organ tubuh penting yang lain. Demikian halnya dengan alkohol.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie