Sejumlah Khasiat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui

Syzygium polyanthum adalah istilah ilmiah yang merujuk pada daun salam, salah satu rempah yang dikenal ampun menambah cita rasa masakan. Daun salam di dunia Internasional dikenal dengan istilah yang unik yakni Indonesian bay-leaf dan juga Indonesian laurel. Nama “Indonesia” melekat erat pada daun wangi ini sebab memang kabarnya ia berasal dari Indonesia dan lekat dengan budaya kuliner kita. Sebagai sebuah tanaman, daun salam memiliki pehonan berupa batang sempurna dengan ukuran yang bisa merengkuh ketinggian 30 meter. Warna batangnya coklat dan berisisik. Di Indonesia, bukan perkara yang sulit untuk menjumpai daun salam. Dengan mudah Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun modern. Daun salam ini sangat akrab dengan mereka yang gemar menyantap masakan Indonesia. Sebab memang dengan daun salam, masakan jauh lebih istimewa. Tapi tak hanya itu sebenarnya keistimewaan si salam, sebab berdasarkan penelitian klinis, khasiat daun salam juga cukup baik bagi kesehatan dan kecantikan. Tak percaya? Simak uraian berikut ini.

Sebagai Bahan Obat Tradisional

Tahukah Anda bahwa selain berperan sebagai rempah untuk kuliner, daun salam juga ternyata mampu membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Salah satu khasiat daun salam ini adalah mengusir perut yang terasa sakit dan juga gejala diare seperti buang air berlebihan. Tak berhenti sampai di situ, daun salam juga diketahui mampu mengatasi sejumlah keluhan lainnya seperti asam urat, kolsterol tinggi, stroke, peradangan pada lambung, gatal-gatal kulit, diabetes dan membantu kelancaran sirkulasi darah di dalam tubuh.

Khasiat daun salam ini ternyata bersumber dari kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa daun dengan warna hijau tua ini mengandung minyak esensial sebanyak 0,17 % per gramnya. Jika diurai, di dalam minyak ini tersimpan sejumlah zat antara lain eugenol dan juga metil kavikol. Ekstrak daun salam diketahui bersifat anti bakteri, anti cacing dan juga anti jamur. Selain senyawa tersebut, daun salam juga diketahui banyak mengandung senyawa seperti tannin, minyak atsiri dan juga flavanoida.  Minyak atsiri inilah yang menjadi biang aroma pada daun salam.

Daun Salam: Sahabat Diet Anda!

Selain berkhasiat dalam hal pengobatan, ternyata daun salam juga cukup baik dalam menurunkan berat badan secara alamiah. Hal ini telah dirasakan sejumlah orang. Bagaimana caranya? Mudah saja, pertama siapkan bahan-bahan antara lain:

  • Daun salam besih sebanyak 30 lembar. Gunakan yang sudah dalam keadaan kering ya.
  • Air bersih sebanyak 2 gelas berukuran sedang.

Selanjutnya, rebuslah air tadi hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan daun salam yang telah Anda siapkan. Masak hingga air tadi susut menjadi satu gelas saja. Angkat dan dinginkan. Minum secara teratur di pagi hari. Anda bisa menambahkan madu murni jika rasanya tidak berkenan di lidah. Ingat, khasiat daun salam yang satu ini juga harus dibarengi dengan pola makan sehat serta olahraga teratur ya. Selamat mencoba!

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie