Seputar Kelainan dan Penyakit Kulit

Kelainan dan Penyakit KulitKulit dan apendicesnya merupakan struktur kompleks yang membentuk jaringan tubuh yang kuat dan keras. Fungsinya dapat dipengaruhi oleh kerusakan terhadap struktur demikian juga oleh penyakit.Kulit terdiri dari 2 lapisan, epidermis atau lapisan luar, dan dermis atau kulit sebenarnya. Terdapat juga apendices pada kulit yang termasuk rambut dan kuku. Warna kulit sangat beragam, ada putih, kuning, coklat, maupun hitam. Warna kulit yang kita dapatkan secara alami sudah pasti harus kita syukuri, namun ada juga warna kulit yang tidak alami atau dapat dikatakan terdapat kelainan atau penyakit pada kulit, ini yang patut kita waspadai. Sebenarnya banyak sekali penyakit yang diakibatkan kelainan pada kulit, namun dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyakit yang umumnya lebih sering ditemukan.

1.      Skabies (Kudis)

Skabies atau kudis disebut pula “seven-year itch”.Penyakit kulit ini disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes scabies) dan dapat menular. Gejala skabies diantaranya :

  • Timbul gatal hebat di malam hari pada bagian-bagian tertentu pada tubuh.
  • Penyakit ini mudah menular kepada orang lain baik secara langsung atau tidak langsung (baju, handuk, dll).

Pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara senantiasa memelihara kebersihan tubuh.  Usahakan untuk tidak berbagi handuk dan pakaian orang lain agar terhindar dari penularan.

2.      Bisul (Furunkel)

Bisul disebabkan karena oleh adanya infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit.

3.      Campak (Rubella)

Gejala yang umumnya muncul dari penyakit ini adalah demam yang disertai pilek, sakit kepala, badan lesu, kurang nafsu makan, bahkan radang mata.Mulai muncul ruam merah yang terasa gatal dan bertambah besar yang tersebar ke beberapa bagian tubuh setelah beberapa hari.

4.      Lepra

Gejala awal kelainan pada kulit atau penyakit ini adalah kulit tampak seperti mengkerut, pada kasus yang sudah akut, kuman akan memakan kulit dan daging penderitanyasecara perlahan.

5.      Jerawat

Jerawat adalah gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak.Penyakit ini umumnya sering dialami pada masa remaja.Jerawat yang sering muncul umumnya terdapat pada wajah dan punggung.Cara pencegahan jerawat yang paling mudah yaitu dengan makan makanan yang seimbang, cukup tidur dan olah raga, serta rajin menjaga kebersihan kulit.Hentikan kebiasaan memencet atau memijit jerawat secara sembarangan untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih serius.

6.      Biang keringat

Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat oleh sel-sel kulit mati tidak dapat terbuang secara sempurna.Keringat yang terperangkap tersebut kemudian menyebabkan timbulnya bintik kemerahan yang disertai gatal.Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.Biasanya, anggota badan yang paling sering terkena biang keringat yaitu leher, punggung, dan dada.Pencegahan paling mudah adalah dengan membiasakan memakai pakaian yang tidak terlalu tebal dan ketat.Mengatur ventilasi ruangan juga dapat membantu kita agar terhindar dari biang keringat.Lalu bagaimana apabila sudah terlanjur terserang biang keringat?Taburkanlah bedak pada bagian yang terserang biang keringat.Segera periksakan ke dokter jika biang keringat sudah mengeluarkan nanah.

Semoga pembahasan mengenai kelainan pada kulit atau penyakit kulit diatas dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran kita untuk senantiasa memelihara kesehatan dan kecantikan tubuh.Bagaimanapun tetap jauh lebih baik merawat dan menjaga dibandingkan dengan mengobati.Semoga bermanfaat.

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_kulit
  • http://www.slideshare.net/putunyana/penyakit-pada-kulit
  • http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/08/kelainan-dan-penyakit-pada-kulit.html

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie