Fakta Mencengangkan tentang Sirup Rosella

Sirup RosellaDewasa ini, popularitas tanaman rosella kian meningkat. Khasiatnya yang beragam merupakan faktor utama tingginya permintaan pasar. Selain itu, rosella juga dikenal memiliki rasa yang khas sehingga bisa diolah menjadi minuman serta pelengkap makanan yang nikmat. Selama ini, rosella telah banyak diproduksi dalam bentuk teh celup dan selei (jeli). Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada produk berupa sirup rosella? Sirup ini menggunakan bahan dasar kelopak bunga rosella yang mengandung pewarna kental yang alami. Jika sirup lainnya masih menggunakan pewarna makanan buatan, maka sirup rosella justru terbebas dari bahan tersebut. Sehat dan tentu nikmat!

Meracik Sirup Rosella

Sirup rosella banyak diproduksi oleh produsen obat herbal. Anda dengan mudah bisa mendapatkannya di berbagai toko di kota Anda. Secara umum harganya cukup terjangkau. Rasanya nikmat dan khas serta tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda termasuk orang yang gemar berkesperimen, tak ada salahnya meracik sirup rosella buatan Anda sendiri langusng dari dapur kesayangan Anda. Sebab, proses pembuatan sirup nikmat ini cukup mudah dan tidak memakan waktu yang panjang.

Langkah pertama yang Anda lakukan untuk meracik sirup rosella tentunya adalah mempesiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan yakni kelopak bunga rosella, gula pasir, serta air. Takarannya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Sebagai bahan perbandingan, untuk setiap 1 ons bunga rosella kering membutuhkan 2 kilogram gula pasir serta 1 liter air.

Langkah selanjutnya adalah mengolah kelopak bunga rosella tersebut menjadi sirup. Pertama-tama, panaskan air yang telah dicampur dengan kelopak bunga rosella yang sebelumnya telah dibersihkan. Setelah mendidih, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk terus diaduk sampai rata. Setelah matang, pisahkan kelopak bunga rosella dari air dengan menggunakan saringan. Sampai pada proses ini, bisa dikatakan sirup bunga rosella Anda telah siap dinikmati. Selanjutnya, Anda bisa menyimpan sirup tersebut dalam lemari pendingin.

Peluang Usaha Industri Rumah

Jika Anda jeli melihat peluang, sirup bunga rosella sesungguhnya bisa dijadikan salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Mencermati proses produksi yang terbilang mudah, sirup rosella bisa dikerjakan dengan sistem home industry. Keuntungan lainnya adalah Anda tak membutuhkan banyak tenaga. Tentu faktor-faktor tersebut bisa memangkas ongkos produksi dan kalkulasi keuntungan Anda pun akan semakin tinggi.

Minuman kesehatan ini bisa bertahan lama jika dikemas dalam kondisi kedap udara. Soal khasiat, kurang lebih sama dengan produk kesehatan herbal berbahan rosella lainnya. Hanya saja bagi Anda penderita diabetes harus lebih cermat sebab sirup rosella sendiri memiliki kandungan gula yang tinggi sama seperti sirup pada umumnya. Selebihnya, bagi Anda yang bebas dari penyakit diabetes, bisa menikmati sirup rosella sehat nan nikmat ini. Selamat mencoba.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie