Tahukah Anda Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan?

posisi tidur salah

Tidur merupakan aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang karena dengan melakukan istirahat semacam ini sel – sel otak akan melakukan regenerasinya. Dengan begitu sel – sel otak mampu bekerja optimal pada hari berikutnya dengan penuhnya aktivitas pada hari tersebut. Seperti manusia, otak juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai organ tubuh manusia. Dalam mendapatkan tidur yang baik dan sangat menunjang kesehatan, kita perlu mengetahui posisi tidur yang baik untuk kesehatan kita. Terkadang posisi tidur yang salah dapat mengakibatkan penyakit yang fatal pada tubuh kita.

Posisi tidur yang salah dapat memicu timbulnya penyakit baik itu rasa pegal – pegal ataupun penyakit dalam. Posisi tidur yang baik adalah miring ke sebelah kanan. Mengapa demikian? Karena hal ini dapat menyehatkan jantung, karena jantung berada pada sebelah kiri organ tubuh kita membuatnya tidak tertimpa organ lain yang bentuknya lebih besar dari pada jantung. Anda dapat membayangkan apabila organ yang kecil seperti jantung tertimpa paru – paru yang besar, hal ini dapat mengakibatkan curah jantung yang berlebih karena banyaknya darah yang masuk pada atrium.

Selain itu tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan juga baik untuk kesehatan paru – paru, karena paru – paru kanan memiliki ukuran yang lebih besar daripada jantung dan paru – paru kiri. Oleh sebab itu jantung dan paru – paru kiri yang menimpa paru – paru kanan tidak akan menjadi masalah yang berarti.

Posisi tidur miring ke kanan juga dapat mencegah seseorang mendengkur. Perlu kita ketahui bahwa mendengkur sangat berbahaya bagi kesehatan, karena kebiasaan mendengkur dapat menyumbat jalan nafas. Maka tak heran jika orang yang mendengkur napasnya sering berhenti beberapa detik pada saat tidur.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie