Teknologi Pengolahan Air Laut

Ketersediaan air minum yang layak serta irigasi tanaman yang memadai merupakan salah satu persyaratan paling dasar untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia. Kebutuhan terhadap air minum yang segar dan menyehatkan merupakan kebutuhan yang sudah sangat mendesak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Yale dan Universitas Notre Dame pada tahun 2011 menemukan bahwa desalinasi akan memegang peran penting karena persediaan air bersih dan layak pakai menjadi semakin terbatas. Tim dari  Jerman dan Texas (Amerika Serikat),  telah menggambarkan proses pengolahan air yang mereka temuka dalam jurnal ilmiah Angewandte Chemie (Kimia Terapan) yang  menggunakan teknologi yang telah dipatenkan.

air laut biru

Para peneliti di Universitas Texas di Amerika dan Universitas Marburg di Jerman telah berhasil menciptakan sebuah cara sederhana dan cukup efisien untuk menghilangkan kandungan garam dalam air laut. Setelah dilakukan pemrosesan, air dapat digunakan untuk air minum dan untuk irigasi yang berfungsi untuk mengairi tanaman. Metode tersebut disebut desalinasi yang bekerja dengan mengambil kandungan garam dari air laut yang menggunakan membran yang berfungsi sebagai filter. Metode baru itu disebut dengan elektrokimia yang melakukan desalinasi air laut dengan memanfaatkan teknologi chip elektronik berukuran kecil yang diisi dengan air laut. Chip ini bekerja sangat efisien dalam menghilangkan kadar garam dari air laut dan bisa bekerja dengan bantuan baterai kecil.

Chip tersebut bekerja dengan cara memisahkan garam dari air laut dan mengalirkannya di saluran yang berbeda. Daya yang diperlukan hanya sebesar (3,0 volt) untuk melakukan pemisahan ini. Saat air asin melewati chip, sejumlah tegangan kecil yang diterapkan akan menetralkan ion klorida dalam air garam. Hal tersebut menciptakan kondisi  yang disebut sebagai “zona deplesi ion”yang dapat meningkatkan jumlah listrik di area tersebut. Teknologi ini memungkinkan untuk memisahkan garam dari air.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2018 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie