Tip Cara Membuat Masker Bengkuang

Advertisements


cara membuat masker bengkuangBengkuang adalah salah satu komoditas hasil pertanianyang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya para perempuan. Hal ini disebabkan karena bengkuang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan produk-produk kecantikan seperti lulur bengkuang, handbody lotion bengkuang, dan sebagainya. Seperti halnya bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, bengkuang mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C, flavonoida, dan saponin yang berperan mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas. Selain itu, bengkuang juga memiliki manfaat lain karena kandungan senyawa fenoliknya berfungsi menghambat proses pembentukan melanin (pigmentasi) akibat sinar UV matahari, mampu menghilangkan bekas jerawat, atau juga pengaruh negatif dari penggunaan kosmetik. Mengolah bengkuang dengan cara membuat masker bengkuang adalah pengolahan sari bengkuang yang paling banyak dilakukan.

Pemanfaatan bengkuang ini banyak dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker bengkuang karena praktis dan banyak manfaat. Beberapa manfaat dari masker bengkuang adalah mampu menghilangkan noda hitam atau flek hitam pada wajah karena mengandung Vitamin C, Vitamin B1, pachyrhizon, dan rotenon. Masker bengkuang juga mempunyai sifat mendinginkan untuk kulit, dan dapat memutihkan tubuh maupun wajah secara alami dan tidak berbahaya bagi kulit. Agar dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal, cara membuat masker bengkuang haruslah dilakukan dengan benar dan cermat.

Bahan utama dalam pemuatan masker bengkuang adalah bengkuang, penyaring dan mangkuk. Setelah bahan-bahan tersebut dipersiapkan maka pengerjaan dapat segera dilakukan. Berikut beberapa cara membuat masker bengkuang:

  1. Bersihkan bengkuang dari kulitnya, setelah itu cuci di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih bengkuang kemudian diparut, lalu diperas sehingga akan didapat air perasan bengkuang yang berwarna putih. Air perasan ini kemudian ditampung dalam suatu wadah, sedangkan ampasnya dapat dibuang.
  3. Air perasan bengkuang yang telah berada dalam wadah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, agar terjadi pengendapan terhadap emulsi berwarna putih dari ekstrak perasan air bengkuang tersebut.
  4. Setelah proses pengendapan selama 30 menit, maka akan terjadi pemisahan pada air perasan bengkuang menjadi dua bagian. Yaitu air bening dan endapan berwarna putih pada dasar wadah.
  5. Kemudian air bening yang berada dilapisan atas dapat dibuang karena tidak dipakai, sedangkan endapan putih yang berada didasar dibutuhkan sebagai bahan baku masker.
  6. Sebelum dioleskan, bersihkan wajah terlebih dahulu.
  7. Dengan menggunakan bantuan kuas, oleskan secara perlahan ekstrak bengkuang (endapan putih) pada wajah dan leher secara perlahan-lahan sampai merata.
  8. Efek pertama yang terjadi adalah sensasi dingin dan segar pada wajahDiamkan beberapa saat masker bengkuang
  9. pada wajah sampai benar-benar mengering.
  10. Setelah itu wajah dapat dibersihkan menggunakan air dingin, dan keringkan dengan handuk bersih.

Advertisements


Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close