Tips Cara Membuat Kartu Kredit

Tips Cara Membuat Kartu KreditKartu kredit merupakan salah satu fitur layanan bank dimana nasabah meminjam uang dari bank untuk dipergunakan dalam penyelesaian transaksi melalui sebuah kartu terbitan bank terkait. Sistem kartu kredit bertolak belakang dengan kartu debet. Pada debet, nasabah membayar sebuah transasksi menggunakan uang milik sendiri yang tersimpan di bank terkait. Kartu kredit, terutama untuk kaum urban, cukup digemari. Praktis dan menolong adalah dua alasan klasik mengapa kartu kredit selalu laris dipergunakan. Ditambah lagi dengan berbagai kemudahan serta promo menggiurkan yang sepaket dengan kartu kredit, membuat banyak orang tak sanggup melewatkan kesempatan tersebut. Jika Anda tertarik, simaklah uraian berikut, berupa tips cara membuat kartu kredit.

Prosedur Apply Yang Rumit Dan Selektif

Di balik kemudahan bertransaksi kartu kredit, ternyata ada prosedur pengajuan yang cukup rumit serta selektif. Terlebih jika Anda mengajukan di bank “kelas wahid” di negeri ini. Prosedur ini diperketat guna meminimalisir resiko kredit macet, yakni suatu keadaan dimana kreditur atau pemegang kartu kredit tidak sanggup membayar tagihan kartu. Tips bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan kartu kredit, masukkanlah permohonan di bank “kelas dua” di Indonesia. Baiknya lagi, jika Anda memang nasabah di bank tersebut. Bank kelas wahid biasanya jauh lebih ketat dibandingkan bank kelas dua sebab mereka menghendaki kualitas nasabah bukan lagi kuantitas.

Buat Diri Anda Tampak Terpercaya

Prosedur paling rumit saat kite hendak mengapply kartu kredit adalah verifikasi identitas dan kemampuan keuangan kita. Pada umumnya bank akan meneliti kemampuan keuangan serta kepribadian Anda. Maka adalah penting bagi Anda untuk memperhatikan detil. Misalnya saat pihak bank meminta catatan rekening Anda. Tujuan utamanya untuk melihat kemampuan keuangan yang Anda miliki. Tips kecil buat Anda, sebelum mengapply permohonan, usahakan minimal 2 bulan sebelumnya Anda memperbanyak transaksi pemasukan di rekening Anda agar terlihat “memukau” bagi mereka. Lebih baik lagi jika saldo selalu bertambah bukan berkurang.

Hal kecil lain yang patut Anda perhatikan adalah lokasi atau kota dimana Anda mengajukan kartu kredit. Usahakan lokasinya sama dengan wilayah regional yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Selain itu, usahakan Anda memberikan contact person berupa nomor rumah sebab jenis kontak yang satu ini lebih terpercaya ketimbang selular. Cara lain yang bisa membantu adalah adanya rekomendasi dari pemegang kartu kredit lainnya. Bank biasanya lebih menyukai pemohon kartu kredit yang dilengkapi dengan rekomendasi. Ingat, Anda harus terlihat terpercaya, bagaimanapun caranya!

Perosedur Umum Bagi Pemohon Kartu Kredit

Hal yang diurai sebelumnya, lebih kepada tips cara memperoleh kartu kredit. Sedangkan prosedur umumnya hanya membutuhkan kehadiran Anda di bank terkait. Langsung menuju ke Customer Service dan utarakan keinginan Anda mengajukan permohonan kartu kredit. Petugas bank akan sigap memberi Anda formulir isian berupa data-data pribadi Anda. Biasanya formulir aplikasi tersebut menghendaki pelampiran dokumen seperti :

  • Foto copy KTP ataukah SIM,
  • Slip gaji ataukah surat keterangan yang merinci penghasilan Anda. Slip gaji biasanya untuk pegawai. Jika Anda seorang wiraswasta, maka yang perlu Anda lampirkan adalah Akte Pendirian Usaha atau SIUP. JIka Anda seseorang  yang bergerak di bisang jasa professional seperti notaris ataupun dokter, maka yang perlu Anda lampirkan adalah Surat Ijin Praktek.
  • Foto copy rekening kartu kredit apabila Anda sebelumnya telah menggunakan kartu kredit.

Setelah melengkapi formulir aplikasi dan telah melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan, Anda tinggal menunggu keputusan pihak bank, diterima ataukah ditolak. Proses ini biasanya memakan waktu yang variatif, tergantung pada kebijakan bank tempat Anda memasukkan permohonan. Semoga tips cara membuat kartu kredit ini membantu Anda!

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie