Tips dan Trik Agar Macbook dan iPad Tetap “Ngebut”

Perangkat iOSTips dan Trik Agar Macbook dan iPad Tetap “Ngebut” – Bagi para pengguna perangkat iOS seperti Macbook dan iPad mungkin pernah mengalami perangkat yang dimiliki terasa berjalan lamban. hal ini bisa ditanggulangi dengan beberapa langkah untuk bisa mengembalikan performa kecepatan iDevice tetap ngebut.

Untuk meningkatkan kecepatan kinerja perangkat iOS anda, berikut Tips dan Trik Agar Macbook dan iPad Tetap “Ngebut” ;

1. Bersihkan File yang tidak perlu.
Manajemen file ikut andil dalam kinerja perangkat iOS maupun perangkat smartphone yang lain. Penyimpanan file yang tidak terkontrol mengakibatkan penumpukan data dalam ruang memori yang mengakibatkan kinerja perangkat akan melemah. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mulai menyortir serta membersihkan file-file yang tidak begitu anda perlukan baik file photo maupun video. Apabila dirasa data yang ada sangat penting, anda dapat menggunakan hard drive eksternal untuk menyalin library iTunes dan iPhoto, sehingga ruang penyimpanan data internal perangkat anda menjadi lebih lega.

2. Jalankan Aplikasi yang diperlukan saja.
Seringkali para pengguna perangkat menggunakan aplikasi dan meninggalkannya tanpa menutupnya terlebih dahulu. Anda dapat menutup aplikasi yang tidak diperlukan dan menjalankan aplikasi yang lebih utama. Tanpa disadari aplikasi yang berjalan pada perangkat memakan banyak memori RAM. Selain membebankan kinerja memori RAM, daya baterai akan lebih cepat terkuras.

3. Update OS.
Operasi sistem yang tidak terupdate dapat menyebabkan kecepatan perangkat menjadi lambat. Dengan mengupdate OS pada perangkat maka ini akan meningkatkan kualitas dan kinerja sistem secara keseluruhan. Update OS menjadi pilihan terbaik untuk menuju ke versi firmware yang baru.

4. Restart Perangkat Secara Berkala
iOS didesain untuk dapat berjalan dalam periode waktu yang lama. Dengan demikian, sistem secara otomatis akan menjalankan maintenance. Dengan cara merestart perangkat, maka akan memulihkan beban pada memori RAM serta mencegah beberapa masalah teknis seperti hanging atau auto restart.

5. Time Machine (Mesin Waktu).
Time Machine merupakan sistem backup yang akan menyimpan perangkat jika dalam keadaan darurat.
Fitur ini diatur untuk melakukan penyimpanan pada interval waktu tertentu (misal menyimpan dalam kurun waktu satu jam sekali). Fitur ini mampu menyimpan memori RAM dan sumber lainnya. Setting Time Machine secara manual dan periksalah secara berkala untuk membuat backup Anda sendiri, sesuai yang Anda inginkan.

Itulah Tips dan Trik Agar Macbook dan iPad Tetap “Ngebut”, dengan anda menerapkan cara di atas, mudah-mudahan perangkat iOS anda menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2017 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie