Tips Dan Trik Menghilangkan Bau Jengkol

Advertisements


Menghilangkan Bau JengkolMenikmati jengkol bersama nasi hangat memang enak. Tapi tidak bagi sebagian orang yang sensitif pada aroma yang kurang enak. Jengkol menimbulkan efek bau pada orang yang mengkonsumsinya. Bau ini sendiri berasal dari asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Asam amino ini mengandung senyawa sulfur atau belerang yang memang memiliki bau yang khas bahkan cenderung menyengat. Namun di balik bau yang khas, jengkol mengandung sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Jadi jangan heran jika kelak Anda bertemu dengan orang yang maniak terhadap jengkol. Apabila Anda penasaran ingin mencoba jengkol tetapi takut pada efek baunya, berikut beberapa tips dan trik menghilangkan bau jengkol yang bisa Anda terapkan.

Proses Mengolah Jengkol

Untuk menghilangkan (atau setidak-tidaknya mengurangi) efek bau yang ditimbulkan jengkol, maka langkah praktis yang bisa Anda lakukan adalah merendam jengkol dalam waktu yang lama sebelum mengolahnya bersama bahan makanan lainnya. Dengan merendam jengkol maka zat-zat yang menyebabkan jengkol berbau akan berkurang sebab telah larut di dalam air rendaman.

Durasi merendam jengkol paling baik adalah 24 jam atau sehari penuh. Dalam merendam jengkol Anda tak perlu menggunakan air hangat. Malah dianjurkan merendam dengan air es sebab semakin dingin suhu air rendaman, akan membantu pelepasan zat penyebab bau pada jengkol. Dalam proses perendaman ini, Anda juga tak perlu menambahkan bumbu atau garam pada air rendaman sebab tidak akan memiliki efek pada jengkol karena masih tertutupi kulit yang tebal.

Setelah proses merendam biji jengkol selesai, langkah selanjutnya adalah proses perebusan. Durasinya tergantung pada tingkat kelunakan jengkol yang Anda inginkan. Anda bisa menceknya langsung pada saat merebus. Jika diperkirakan, waktu untuk merebus jengkol sekitar sejam sampai satu setengah jam. Proses merebus ini, selain menghilangkan bau jengkol, juga untuk melunakkan biji sebelum diolah lebih lanjut bersama bahan makanan lainnya.

Pantang Terhadap Jengkol Mentah

Proses merendam dan merebus jengkol akan mengurangi efek bau yang diakibatkan oleh jengkol. Jika anda melewati proses merendam ataupun merebus, maka bisa dipastikan nafas, urin serta pembuangan angin Anda akan berbau menyengat. Kebiasaan mengkonsumsi biji jengkol dalam keadaan mentah (lalap) harus dihindari agar Anda tak mengganggu orang lain dengan bau jengkol yang menyengat.

Proses menghilangkan bau jengkol sangat mudah untuk dilakukan. Langkah merendam dan merebus mudah untuk dipraktekkan. Namun memang ada kecenderungan untuk mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah (tanpa direndam dan direbus). Hal ini dikarenakan rasa jengkol kabarnya jauh lebih nikmat dalam keadaan mentah. Jika Anda termasuk golongan penikmat biji jengkol mentah, setelah mengkonsumsi jengkol, sebisa mungkin aplikasikan pewangi mulut dan jangan lupa menyiram bersih urin Anda saat berada dalam toilet. Selamat mencoba.

Advertisements


Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close