Tips Membeli Televisi dengan Bijak

Tips Membeli TelevisiTelevisi adalah media hiburan dan informasi yang menjadi favorit banyak orang. Harga dan jenis televisi beragam mulai dari televisi LED dengan harga cukup mahal sampai televisi jenis LCD dan Plasma yang dibanderol dengan harga murah. Membeli televisi bukanlah pekerjaan mudah karena banyaknya jenis televisi dan range harga yang ditawarkan produsen televisi. Berikut ini ada beberapa tips membeli televisi:

  1. Televisi LED, televisi Plasma dan televisi LCD.

–          Kapasitas listrik TV LED berukuran 32 inchi kurang lebih 70 watt, TV LCD dengan ukuran sama memakan kapasitas listrik sebesar 100 watt. Sedangkan daya listrik TV Plasma jauh lebih besar dari TV LCD.

–          Teknologi TV LED lebih baru dan kualitas gambar lebih baik daripada TV LCD dan TV plasma.

–          TV LED dan TV LCD memiliki bobot yang lebih ringan daripada TV Plasma.

–          TV LED menawarkan fitur yang lebih lengkap dan berkualitas tinggi daripada TV LCD dan TV Plasma

  1. Harga.

Pertimbangan harga adalah tips membeli televisi yang penting. Awalnya, harga televisi plasma berada di bawah harga televisi LCD. Namun karena permintaan pasar yang meningkat, akhirnya mulai diproduksilah televisi LCD dengan harga yang kompetitif dengan televisi Plasma. Sedangkan harga televisi LED terbilang cukup mahal dibanding televisi jenis lainnya.

  1. Televisi 3 dimensi.

Sebelum memutuskan untuk membeli televisi 3 dimensi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

–          Lokasi penempatan televisi 3 dimensi membutuhkan ruangan yang cukup besar dan jarak menonton televisi 3 dimensi berbeda dengan jarak menonton layar televisi biasa. Untuk televisi 3 dimensi berukuran 42 inchi, jarak menontonnya sekitar 1,7 meter.

–          Alokasi budget juga wajib menjadi pertimbangan. Selain karena harga televisi 3 dimensi cukup mahal, format film yang diputar di televisi ini pun film-film berformat Blue-Ray yang harganya pun lebih mahal dari fiml-film format biasa. Terkadang film-film 3 dimensi membutuhkan aksesoris berupa kacamata khusus untuk menonton film.

  1. Belilah barang elektronik pada bulan September dan Januari.

Salah satu trik mendapatkan barang-barang elektronik dengan harga murah adalah ketika produk baru diluncurkan dan produk lama dihentikan produksinya sehingga harga produk lama menjadi turun. Biasanya hal ini terjadi pada bulan September atau Januari.

  1. Garansi dan after sales.

Garansi dan layanan purna jual merupakan faktor penting dalam tips membeli televisi. Seperti kita ketahui, barang elektronik rentan terhadap kerusakan dan terkadang beberapa komponen mahal harganya. Carilah informasi apakah garansi tersebut termasuk biaya servis dan penggantian komponen.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie