Tips Memotret Sunrise dan Sunset

Setelah mengetahui cara memotret dengan teknik fotografi dengan efek shutter speed, kami mengajak pembaca Perlu Tahu untuk mengetahui cara yang benar memotret dengan pencahayaan yang tepat, khususnya jika Anda memiliki ketertarikan dengan sunset atau sunrise fotografi. Sunrise dan sunset merupakan keindahan tersendiri yang biasa melekat dalam dunia fotografi. Pemandangan sunrise dan sunset sangat menakjubkan mata apabila didokumentasikan dengan lensa kamera dan cara yang digunakan untuk memotretnya sangat bagus. Keduanya sangat sesuai digunakan sebagai objek fotografi yang akan membuat sebagian pasang mata tak berkedip ketika memandang hasil jepretan kamera yang bagus akan kedua objek tersebut.

cara memotret sunset

Membuat fotografi sunrise dan sunset sendiri bukan tanpa halangan, pastinya banyak halangan yang dialami para fotografer dalam mendokumentasikan objek tersebut. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum mendokumentasikan objek tersebut. Pertama, kita wajib memeriksa lokasi yang akan digunakan untuk melakukan dokumentasi tersebut. Peralatan seperti tripod, kamera, dan senter juga wajib dibawa. Kemudian kita dapat mensetting mode kamera yang digunakan dengan settingan mode manual (M). dengan demikian kita juga harus memastikan bahwa AUTO ISO dalam kondisi off. Hal ini dikarenakan jika kita menggunakan ISO yang terlalu tinggi, maka cahaya yang dihasilkan kurang begitu terang. Pada bukaan kita dapat mensettingnya kira – kira f/8 hingga f/16 untuk mendapatkan ruang tajam dapat menjadi besar dan pemandangan yang sangat luas dapat pula menjadi tajam.

Kita juga dapat mengatur fokus kamera menjadi autofokus, tetapi hal tersebut sangat bergantung pada kondisi langit. Apabila kondisi langit gelap, kita dapat mengubahnya menjadi manual fokus, karena biasanya pada saat kondisi langit gelap, kamera kurang mampu untuk mengunci fokus jepretan.

Setelah itu kita dapat menggunakan filter GND sebagai penyeimbang cahaya antara langit dan bumi pada saat memotret sunrise dan sunset. Jika tidak menggunakan filter GND, maka gambar akan terlihat siluet yang mana sebagian konsep fotografi juga terlihat bagus dengan konsep siluet.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie