Tips Perawatan LCD TV

Perawatan LCD TVTelevisi adalah barang primer yang ada di setiap rumah di Indonesia. Sebagai alat penghibur yang murah, Anda dapat membelinya dengan mencicil, televisi mengalami perkembangan dari jaman ke jaman. Tren televisi saat ini adalah televisi dengan LCD lebar dan datar. Dahulu layar Tv terbuat dari tabung kaca yang tebal. Namun layar TV LCD merupakan panel dtar yang tipis dan sama sekali tidak dilapisi kaca. Sehingga, layar LCD sangat rentan terhadap goresan, kotoran dan goncangan. LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display  Perawatan LCD TV tidaklah sulit untuk dilakukan di rumah. Berikut ada beberapa tips untuk membersihkan dan merawat layar LCD TV:

Perawatan LCD TV

  • Layar LCD sangat rentan terhadap debu dan kotoran. Jagalah kebersihan tempat sekitar lokasi TV dari debu dan kotoran lainnya. Dabu dapat berakibat pada menurunnnya kualitas warna layar TV. Anda dapat melindungi LCD dengan lapisan pelindung (screen protector) agar terhindar dari goresan dan debu.
  • Berhati-hatilah jika ingin memindahkan TV LCD dari satu tempat ke tempat lain karena LCD TV rentan terhadap goncangan dan dapat menurunkan kualitas gambar TV.
  • Jagalah agar LCD TV tidak mengalami goresan benda tajam atau benda tumpul. Goresan pada layar LCD dapat mengakibatkan menurunnya kualitas gambar.
  • Lepaskan sambungan listrik bila tidak dipakai. Jika dianggap perlu, tutuplah layar LCD dengan penutup khusus.
  • Perawatan LCD TV yang paling penting adalah menjauhkan benda-benda elektronik lain yang memiliki gelombang elektromagnetik tinggi seperti ponsel, laptop, komputer, iPad dan lainnya.
  • Jagalah suhu dan kelembaban dalam ruangan. Jangan menaruh terlalu banyak barang elektronik dalam satu ruangan, apalagi memakainya secara bersamaan. Menggunakan barang elektronik dapat meningkatkan suhu ruangan. Sediakan kipas angin atau AC untuk menyejukkan ruangan.

Membersihkan LCD TV

  • Gunakan kain berserat lembut dan cairan khusus pembersih layar monitor komputer, tablet, laptop dan lainnya. Cabutlah sambungan dengan listrik terlebih dahulu. Semprotkan cairan khusus perawatan LCD TV pada kain, jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar LCD. Gosok permukaan LCD dengan lembut dalam satu arah misalnya dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri.
  • Selalu gunakan cairan pembersih khusus LCD. Tidak boleh menggunakan air biasa seperti air PAM karena mengandung sisa klorida. Sisa klorida
  • Untuk perawatan LCD TV, sebaiknya menggunakan kain berbahan mikrofiber yang lembut dan berfitur anti gores. Hindari penggunaan kain biasa yang berserat kasar atau tisu untuk membersihkan LCD TV, karena dapat menggores permukaan layar LCD dan mengakibatkan munculnya titik di layar LCD. Titik tersebut tidak dapat menampilkan tampilan warna yang baik dan biasa disebut dead pixel.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie