Tips Perawatan Mesin Cuci

Perawatan Mesin CuciApakah mesin cuci Anda sering mengalami kerusakan? Mungkin tabung pengering tidak dapat dioperasikan atau tabung pencuci tidak dapat berputar. Atau saat mencuci pakaian, Anda mendengar suara aneh yang dikeluarkan mesin cuci Anda. Jika mesin cuci Anda mengalami hal-hal seperti yang telah disebutkan tadi, maka Anda harus merawat mesin cuci Anda lebih baik lagi. Kesalahan dalam melakukan perawatan mesin cuci dapat mengakibatkan mudah rusaknya komponen-komponen mesin cuci.

Di antara tipe mesin cuci yang beredar di pasaran, mesin cuci dua tabung (twin tube) merupakan mesin cuci yang memiliki banyak peminat. Selain karena lebih mudah digunakan, juga karena harga mesin cuci tipe ini lebih murah dibanding mesin cuci tipe lain. Berikut ini ada beberapa tips perawatan mesin cuci :

  • Cucilah pakaian sesuai kapasitas mesin cuci. Hindari mencuci pakaian dengan beban cucian yang berlebihan karena dapat merusak komponen motor spin/wash.
  • Periksalah kondisi mesin cuci secara teratur karena jika terjadi kebocoran air atau kabel yang mengelupas dapat mengakibatkan konsleting atau hubungan arus pendek.
  • Sebaiknya menggunakan laundry net atau laundry bag saat mencuci. Gunanya tidak hanya untuk mencegah pakaian menjadi rusak. Tapi juga supaya pakaian yang berukuran kecil atau aksesoris pakaian yang mudah copot tidak terlempar saat proses mencuci dan masuk ke sela-sela tabung cuci atau tabung pengering. Jika ada yang menghambat putaran pada motor tabung pengering, ditakutkan akan mengakibatkan motor tabung pengering terbakar. Periksa terlebih dahulu kantong atau saku pakaian sebelum mencuci.
  • Bersihkan saluran untuk pembuangan air secara berkala. Kotoran dan residu deterjen yang menumpuk dapat menghambat saluran pembuangan air. Jika tersumbat, karet penyekat air dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan kebocoran saat proses mencuci.
  • Hendaknya tidak memasukkan tangan atau benda lain ke dalam tabung pencucian atau tabung pengering saat proses pencucian atau pengeringan berlangsung.
  • Lokasi penempatan mesin cuci harus diperhatikan secara seksama. Jauhkan dari area bermain anak-anak.
  • Jika ingin membersihkan mesin cuci, jangan sekali-kali menyemprotkan air ke konrol panel karena dapat menyebabkan konsleting atau hubungan arus pendek.
  • Mesin cuci rentan terhadap sinar matahari. Jangan meletakkan mesin cuci di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Gunakan deterjen dan air secukupnya saja.
  • Bersihkan mesin cuci dari debu dan kotoran yang menempel. Perhatikan kelembaban lokasi tempat mesin cuci.
  • Perawatan mesin cuci terakhir namun juga penting untuk dilakukan adalah mencabut aliran listrik ke mesin cuci. Setelah selesai mencuci, pastikan untuk memutus aliran listrik dengan mematikan mesin cuci dan mencabut stop kontak.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie