Waspada, Bahaya Kopi Mengintai Anda!

Siapa yang tak mengenal kopi? Minuman yang berasal dari bebijian ini memang nikmat. Rasa pahitnya yang khas membuat banyak lidah di dunia jatuh cinta padanya. Anda kah salah satunya? Konon kabarnya, kopi merupakan minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi setelah air. Ia bersaing ketat dengan teh. Kopi disinyalir berasal dari dataran Arab. Akar kata kopi pun berasal dari kata Qahwah yang diartikan sebagai kekuatan. Memang dahulu kala, kopi dianggap sebagai minuman energi sebab siapapun yang mengkonsumsinya akan lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu. Tahukah Anda bahwa dahulu kopi dianggap sebagai minumannya para sufi? Mereka dalam kelas sosial merupakan intelek yang disegani. Karena itu, kopi dahulu dianggap minumannya mereka yang menempati kelas atas dalam strata sosial. Keistimewaan kopi sebenarnya tidak melulu karena rasanya, tetapi juga karena khasiatnya. Meski manfaat tersebut telah banyak dibuktikan secara ilmiah, namun bukan berarti Anda mengenyampingkan bahaya kopi yang turut mengintai Anda.

Pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Terlebih jika zat tersebut menumpuk di dalam tubuh. Kopi kaya akan kafein. Dengan demikian, bahaya tentu akan mengintai mereka si maniak kopi yang memenuhi harinya dengan minum kopi. Berikut beberapa fakta seputar bahaya kopi yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mengkonsumsi kopi Anda yang kesekian kali.

Mengganggu Reproduksi Wanita

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh The USA National Institute of Child Health and Human Develompment serta The US Institute on Drugs Abuse, ditemukan fakta bahwa perempuan produktif yang meminum kafein sebanyak 300 miligram per hari mempunyai kesempatan untuk hamil jauh lebih rendah dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. Bahkan presentasenya mencapai 29%!

Memicu Penyakit Jantung

Penelitan seputar fakta ini ditemukan dan diulas di Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry di tahun 2002. Disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 5 gelas per harinya akan membuat kadar kolesterol LDL juga trigliserida di dalam tubuh Anda meningkat. Hal ini akan berujung pada menyempitnya pembulh darah sebab terdapat endapan lemak dan akhirnya membuat jantung Anda kaget ataupun stroke.

Kopi Tidak Bagi Mereka Yang Berdarah Tinggi

Bahaya kopi lainnya mengintai mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Mengapa? Sebab kafein di dalam kopi mampu menambah jumlah tekanan darah di dalam tubuh Anda dengan sangat tajam.

Kafein Dan Tulang

Bahaya kopi selanjutnya terkait dengan kesehatan tulang. Tahukah Anda bahwa kafein memiliki sifat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh? Dengan demikian, meminum kopi sama saja dengan memblok nutrisi bagi tulang Anda sehingga jangan heran jika Anda lebih cepat keropos.

Menyebabkan Keguguran!

Salah satu bahaya kopi yang cukup fatal adalah menyebabkan keguguran bagi ibu yang sedang hamil muda. Hal ini didasarkan pada penelitian Sven Cnattinggius di Swedia. Mereka menemukan fakta bahwa wanita yang mengkonsumsi kafein sebanyak 100 miligram per harinya sangat rentan mengalami keguguran terutama di usia muda kehamilannya.

Hal senada diungkaplan rumah sakit di Christchurh Swedia, mereka menemukan fakta bahwa wanita yang adiksi terhadap kopi cenderung melahirkan bayi yang sulit bernafas saat baru saja dilahirkan. Selain itu, kandungan mereka juga cenderung sangat lemah dan membuat bayi yang dilahirkan mudah sakit.

Mencermati bahaya kopi di atas, tentu Anda harus waspada dan mulai mengatur asupan kopi Anda. Berdasarkan penelitian medis, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi di atas 3 gelas per harinya. Dan satu gelas sebaiknya dinetralkan dengan 2 gelas air putih. Mau sehat atau nikmat? Dengan keseimbanyan, keduanya bisa diraih. Percaya deh!

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie